23 March 2012

Pratikno Terpilih Jadi Nahkoda Baru UGM

0 komentar


PRAKTIKNO sedang menyampaikan pernyataan di hadapan ratusan mahasiswa yang menggelar aksi mendukung hasil pemilihan rektor UGM di utara Balairung, UGM, Kamis (22/3).*


YOGYAKARTA,(PRLM).-Prof. Dr. Pratikno terpilih sebagai nahkoda baru Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta periode 2012-2017. Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM tersebut meraih 26 dari 32 suara dalam pemilihan rektor tahap ketiga di Balai Senat UGM, Kamis (22/3).

Dua pesaingnya, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum UGM) hanya meraih lima suara dan Prof. Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat/LPPM) meraih satu suara. Guru besar ilmu politik kelahiran Bojonegoro, 13 Februari,1962 akan dilantik sebagai rektor UGM pada 28 Mei menggantikan pejabat lama, Pro. Dr. Sudjarwadi.

Terpilihnya Praktikno sebagai pimpinan UGM sudah diduga banyak pihak sejak proses pemilihan rektor tahap pertama. Dari tujuh calon yang mengikuti pemilihan tahap pertama, dia meraih 146 suara atau terbanyak dari calon peraih suara terbanyak. Dia meraih suara tertinggi lagi pada pemilihan tahap kedua Perolehan suaranya meningkat lagi pada pemilihan tahap kedua menjadi 172 suara.

Pemilihan rektor tahap ketiga berlangsung mulus, tidak terjadi protes seperti pada persiapan pemilihan tahap pertama, Senin (15/3). Karena itu proses pencontrengan suara hingga penghitungan suara yang diikuti 23 Majelis Wali Amanat (MWA) dan 11 suara dari pemerintah yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Djoko Santoso hanya berlangsung kurang dari dua jam.

Ketika panitia mengumumkan hasil pemilihan suara dan menyatakan rektor baru periode lima tahun ke depan terpilih, Praktikno berada di Balairung UGM bersama ratusan mahasiswa. Kemudian dia menemui mahasiswa yang menggelar aksi di seberang Balairung UGM dengan meneriakkan "selamatkan hasil pemilihan rektor UGM". Praktikno menyampaikan pernyataan terima kasih atas dukungan para mahasiswa.

Menjawab pertanyaan wartawan, dia menyatakan kepemimpinannya akan dimulai dengan menjalankan jadwal kegiatan kampus yang sudah ditetapkan pejabat sebelumnya. Kemudian, mengembangkan sinergi di tingkat fakultas dan agenda besar bersama.

Menurut dia UGM harus berperan lebih besar lagi dalam kondisi Indonesia menghadapi berbagia krisis seperti krisis pangan, energi, dan masalah kemiskinan, UGM harus menjawab harapan masyarakat agar kampus ini menjadi sumber inspirasi, rujukan kemajuan, dengan membuat program prioritas kerja yang relevan dengan problem dan kemajuan bangsa.

"Kekayaaan UGM adalah disiplin keilmuan yang sangat banyak, itu harus disinergikan untuk memecahkan masalah bangsa. UGM harus responsif terhadap isu-isu nasional," kata dia.(A-84/A-107)*** Sumber : pikiranrakyat.com

Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here