15 June 2012

Konversi DWG Ke PDF dan JPEG

0 komentar

Anda mungkin sering bekerja menggunakan software AutoCAD. Namun pengguna jasa anda mungkin bukanlah seorang yang mafhum dengan tampilan di AutoCAD. Sehingga acapkali pekerjaan dengan AutoCAD harus ditampilkan dalam format lain agar mudah dipahami. Misalnya saja dengan format PDF atau JPEG. Terlebih lagi format standart yang ada di AutoCAD hanyalah format .dwg atau .bmp yang mungkin kurang menarik ketika ditampilkan ke users lain.

Selama proses konversi kadang ditemui kendala dalam pengerjaannya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam proses konversi, diantaranya adalah :
1. Menggunakan software konversi dari .dwg ke PDF atau ke JPEG.
2. Menggukan plugin tambahan di AutoCAD.

Untuk cara pertama dapat dilakukan dengan banyak software yang dapat anda unduh gratis di internet, misalnya saja AUTOPDF atau PDF Conversion. Namun cara ini tidak akan dibahas karena dalam proses konversi menggunakan file, sehingga akan menyulitkan anda yang ingin mengkonversi banyak file PDF dalam satu file dwg.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika dulu pernah mengalami kendala yang sama. Langkah pertama yang saya pilih adalah dengan menggunakan plugin tambahan di AutoCAD. Banyak penyedia jasa plugin di AutoCAD diantaranya Blue Beam. Berikut video yang dapat menggambarkan penggunaan Blue Beam.

video
Sumber : youtube.com

Cara mendapatkan software Blue Beam dapat di peroleh di www.bluebeam.com atau bisa di cari software bajakannya yang tentu saja melanggar hak cipta. Melihat cara mendapatkan software gratis yang cukup sulit dan ribet, akhirnya saya beralih cara menggunakan plugin tambahan printer di AutoCad. Salah satunya adalah Nova PDF. Cara mengkonversi dari .dwg ke .pdf menggunakan software Nova PDF adalah sebagai berikut :
1. Tentu saja anda harus punya softwarenya yang bisa anda download di http://tinyurl.com/6bjuxpp
2. Install softwarenya.
3. ketika anda ingin melakukan konversi dapat dilakukan seperti proses plotting biasanya. Pilih plot kemudian pilih printer atau plotter dengan nova PDF.  Kemudain setting seperti proses setting printer biasanya. Kemudian hasil akan langsung jadi format PDF. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari video berikut :

video

Sumber : youtube.com

4. Dari format PDF ini anda bisa mengubahnya ke format lain misalnya ke format JPEG atau JPG dengan JPEG atau JPG konverter lain.


Cianjur, 15 Juni 2012


Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here