27 June 2012

Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

0 komentar
Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth


Bismillahi arrahman arrahiim.

Shalat merupakan tiang agama. Rutinitas ini merupakan sarana berkomunikasi langsung ke Sang Pencipta. Shalat bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan, tapi juga tidak mudah dilakukan. Agar komunikasi kepada Allah dapat tersampaikan, maka dalam melakukan ritual ini tentu saja harus sesuai dengan syariat dan tuntunan yang benar.

Salah satu syarat syahnya shalat adalah menghadap kiblat. Sedangkan kiblat dalam shalat yaitu Ka'bah. Oleh karena itu maka haruslah arah yang diambil tidak boleh melenceng sedikitpun. Dalam penentuan arah kiblat ini ada banyak metode yang bisa dilakukan, diantaranya (1) memanfaatkan bayang-bayang kiblat, (2) mengamati ketika matahari tepat berada di atas ka'bah, (3) memanfaatkan utara geografis dsb. Namun, secara garis besar dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik memakai sudut dan teknik memakai bayangan.

Pada teknik memakai sudut, arah kiblat ditentukan berdasarkan jarak sudut lokasi shalat dengan sudut utara geografis. Pada teknik memakai bayangan, arah kiblat diketahui dari bayangan suatu benda akibat cahaya matahari. Sangat disarankan agar kedua metode ini digunakan agar lebih meyakinkan hasilnya.

Alat-alat yang digunakan dalam menentukan kiblat pun beraneka macam, seperti miqyas, tongkat istiwa', rubu' mujayyab, kompas dan teodholit hingga GPS. Selain itu sistem perhitungan yang digunakan juga mengalami perkembangan. Baik mengenai data koordinat maupun mengenai sistem ilmu ukurnya.



Dalam menentukan arah kiblat menggunakan metode sudut yang harus dilakukan adalah (1). Menentukan arah lokasi shalat ke ka'bah, (2). Menentukan sudut tersebut dibandingkan dengan utara geografis. Dengan jauhnya jarak antara lokasi shalat dengan ka'bah maka akan sangat sulit menentukan sudut tersebut. Namun dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi, hal itu bisa diatasi dengan google earth.


Menentukan Arah Lokasi Shalat Dengan Ka'bah
Untuk menentukan sudut antara lokasi shalat dapat memanfaatkan google earth. Anda masih penasaran? ikuti langkah ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download google earth, yang dapat diperoleh di http://www.google.com/earth/index.html.

Langkah Kerja :
1. Tentu saja install dulu Google Earth, Setelah instalasi selesai buka aplikasinya.
2.  Proses penentuan arah kiblatnya dimulai dengan menandai lokasi yang ingin diketahui arah kiblatnya. 
Caranya pilih Add Placemark kemudian tentukan lokasi.
(Dalam contoh ini saya memilih Masjid di lingkungan saya yang terletak di Dusun Krakitan, Desa Sucen, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah).
Disitu juga bisa diketahui koordinat geografis Masjid Alhusain di 7037’54.79”S, 110019’7.930E


3. Kemudian munculkan Ruler dengan memilih Show Ruler dibagian atas google earth.

4. Kemudian pilih lokasi yang ingin kita ketahui arah kiblatnya.

5. Kemudian carilah pusat kiblat  yaitu di Masjidil Haram Mekah. Untuk memudahkan masukkan kata kunci ini Masjid Al-Haram Mecca, kemudian pilih.

Dari proses itu dapat diketahui jarak (Ground Lenght) dengan Masjid Al-Haram Mekah yaitu 8.337 Km dan berapa derajat (Heading) lokasi yang ingin diketahui terhadap Mekah yaitu 294,680


Secara visual dapat dilihat posisi yang diiginkan terhadap Masjid Al-Haram mekah sebagai berikut :




Menentukan Sudut Arah Kiblat Dibandingkan Dengan Utara Geografis


Dalam menentukan sudut ini dapat dilakukan dengan banyak alat, diantaranya kompas dan teodholit. Salah satu alat yang paling mudah digunakan dan ditemui adalah kompas. Namun perlu diperhatikan ketika menggunakan kompas yaitu pengaruh logam di sekitar lokasi pengukuran. Selain itu juga adalah simpangan magnetik (selisih arah utara magnetik dan utara geografis) yang besarnya tergantung lokasi dan waktu.


Setelah mengetahui sudut antara lokasi shalat dengan Ka'bah, tinggal dibidik berapa derajat lokasi shalat dengan kompas. Kemudian lihat apakah sajadah shalat kita sudah sesuai dengan sudut tersebut. Kalau belum segeralah memperbaiki sajadah shalat agar salah satu syarat syahnya shalat dapat dipenuhi. Wallahu a'lam


Semoga bermanfaat.


Cianjur, 27 Juni 2012






Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here