26 July 2012

Hendarman Didesak Bersihkan BPN dari Mafia Tanah

0 komentar

sumber kompas

Hendarman Didesak Bersihkan BPN dari Mafia Tanah
Sandro Gatra | Kompas Kamis, 14 Juni 2012 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Herdarman Supandji didesak membersihkan institusi BPN, khususnya di daerah dari para mafia tanah. Herdarman seharusnya mampu melakukan hal itu jika melihat latarbelakang sebagai penegak hukum.

"Hendarman memang bukan orang yang ahli di bidang pertanahan. Namun, dengan pengalaman sebagai penegak hukum, Hendarman punya kesempatan membersihkan pemain-pemain tanah yang melibatkan orang-orang di BPN," kata anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKB, Abdul Malik Haramain di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Hendarman sebagai Kepala BPN di Istana Negara pagi tadi. Hendarman menggantikan posisi Joyo Winoto yang dinilai buruk kinerjanya.

Malik mengatakan, Hendarman harus mampu mempercepat sertifikasi tanah dan penyelesaian sengketa-sengketa tanah di daerah, baik skala kecil maupun besar. Selain itu, kata Malik, mantan Jaksa Agung itu harus melanjutkan reformasi agraria yang selama ini tidak konsisten dilaksanakan oleh BPN.

"Reformasi agraria yang hingga sekarang belum dilaksanakan serius, pertama, redistribusi tanah bagi masyarakat miskin. Kedua, penataan kepemilikan tanah yang adil dan menghapus monopoli. BPN mestinya menjadi panglima dalam menyeimbangkan kepemilikan tanah," kata dia.                            

Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here