25 July 2012

Salah satu Shalat Sunat yang Dianjurkan

0 komentar

Shalat fardlu yang wajib dikerjakan dalam sehari ada 17 rakaat. Setelah menjalankan yang fardlu tentu saja ingin mendapatkan tambahan bonus pahala dari Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan shalat sunah. 

Ada beberapa shalat sunah yang bisa dikerjakan diantaranya shalat Rawatib, Dluha, Tarawih dan Witir, namun karena telah mafhum dengan shalat ini maka tidak dilampirkan haditsnya. Yang ingin saya lampirkan hadistnya diantara shalat sunah yang banyak itu, yaitu :

1. Shalat Sunah Jum'at
Hadits tentang shalat sesudah shalat jumat diantaranya adalah hadits Ibu 'Umar yaitu bahwasanya Ibnu Umar shalat sunah dua rakaat sesudah shalat Jum'at bersama-sama dengan Nabi SAW. (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda : "Apabila salah seorang diantara kamu sekalian mengerjakan shalat Jum'at maka hendaklah ia mengerjakan shalat sunah empat rakaat sesudahnya". (Riwayat Muslim).

Dari Ibnu 'Umar RA bahwasanya Nabi SAW tidak mengerjakan shalat sunah sesudah shalat jum'at sehingga beliau pulang, kemudian beliau Shalat sunah dua rakaat di rumahnya" (Riwayat Muslim).

2. Shalat Tahiyyatul Masjid
Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu Qatadah RA, berkata, Rasulullah SAW bersabda : "apabila slaah seorang diantara kamu sekalian masuk masjid maka janganlah duduk sebelum ia mengerjakan shalat dua rakaat" (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Bahkan dari jabir RA, berkata : "saya datang kepada Nabi SAW sedangkan beliau sedang berada di masjid, kemudian bersabda : "Shalatlah dua rakaat". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Shalat Sesudah Wudlu
Hadist yang mendasarinya adalah dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda kepada Bilal : "Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku tentang amal yang paling bisa diandalkan yang telah kamu kerjakan dalam Islam, karena sesungguhnya aku mendengar suara sandalmu berada di hadapanku dalam surga". Bilal berkata : "Tidak ada suatu amal yang saya andalkan selain bila saya selesai bersuci (wudlu) baik pada waktu malam maupun waktu siang maka dengan wudlu itu saya mengerjakan shalat sebagaimana yang telah diajarkan kepadaku yaitu agar saya shalat". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Semoga Bermanfaat
Cianjur 5 Ramadlan 1433 H/ 25 Juli 2012

Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here