03 August 2012

Kisah Masinis Kapal Laut, 11 Tahun Jamak & Qasar Salat di Lautan

0 komentar
Kisah Masinis Kapal Laut, 11 Tahun Jamak & Qasar Salat di Lautan
Muhammaq Iqbal - DetikRamadan
Jakarta - Menjadi seorang masinis kapal laut bukan hanya sekadar memiliki keterampilan, tetapi juga harus pandai membagi waktu. Masinis 2 KM Binaiya, Adi, menceritakan usahanya membagi waktu antara tugas dan waktu salat. 


"Saya bekerja sebagai masinis kapal di Pelni sudah 11 tahun, 3 tahun terakhir di KM Binaiya. Selama di lautan itu salat dijamak dan qasar, zuhur dengan ashar, maghrib dengan isya, dan subuh," ujar masinis 2 KM Binaiya, Adi, kepada detikcom di KM Binaiya dalam perjalanan menuju Pelabuhan Kumai, Kamis, (2/8/2012).



Menurutnya, alasan menjamak (menyatukan waktu salat) dan menqasar (meringkas bilangan salat) adalah karena tengah berada di perjalanan. Selain karena mesin kapal harus tetap dipantau setiap saat.



"Kadang kalau aqidahnya lagi baik, saya salat tidak mau dijamak atau qasar. Jadi jumlah dan rakaatnya tetap, ya sesekali seperti itu," tutur Adi.



Ia menceritakan, saking pentingnya mengontrol kondisi mesin kapal laut, ia sering salat berada di samping mesin dengan hanya menggelar sajadah.



"Monitor ini kan harus terus dipantau, ada motor induk penggerak mesin, motor bantu untuk pembangkit listrik, AC, pompa-poma, dan semuanya. Jika ada bunyi alarm, maka ada masalah di salah satu bagian itu yang harus segera diperbaiki," ungkap Adi.



Sebetulnya, menurut Adi, ada tiga orang tiap grup yang menjaga kondisi mesin. Tiap satu grup bertugas selama empat jam. Namun pada kenyataannya, semua harus menjaga kapal selama 24 jam.



"Alhamdulillah, selama Ramadan ini kita puasa walau berada di kapal, dan tetap bekerja. Malah dengan kerja engga terasa waktunya," ucapnya.


NB : 
PESAN MORAL
1. Betapa beruntungnya kita, bagi yang mempunyai pekerjaan yang lebih baik
2. Betapa beruntungnya kita, yang dapat meluangkan waktu untuk beribadah
Sehingga kita harus selalu bersyukur, dengan memanfaatkan waktu kita untuk beribadah sebelum kesempatan itu hilang

Semoga Bermanfaat
Cianjur, 14 Ramadlan 1433 H/ 3 Agustus 2012


sumber : http://ramadan.detik.com/read/2012/08/03/095648/1982146/631/kisah-masinis-kapal-laut-11-tahun-jamak-qasar-salat-di-lautan?992204cbr

Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here