02 August 2012

Mentan Tagih Janji BPN Terkait Penyediaan Lahan

0 komentar

Mentan Tagih Janji BPN Terkait Penyediaan Lahan

Oleh : Wiji Nurhayat, 27 Juli 2012


Jakarta - Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan permasalahan lahan merupakan masalah pokok yang harus ditangani serius terkait produktifitas pertanian yang cendrung menurun. 
Kedelai menjadi kasus terakhir bagaimana perajin tahu tempe lokal sangat bergantung pada kedelai impor. Oleh karena itu, Kementan mempertanyakan 2 juta ha lahan untuk pertanian kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Terkait soal lahan memang sejak awal saya sudah menyatakan bahwa untuk mencapai swasembada kedelai harus ada penambahan lahan oleh karena itu kita persiapkan lahan khusus minimal 500.000 ha untuk kedelai tetapi idealnya 1,5 juta ha," ungkap Suswono kepada wartawan ditengah rapat terbatas dengan Presiden RI di Kemenperin, Jumat (27/07/12).

BPN sendiri pernah mengungkapkan bahwa terdapat 7,2 juta ha lahan yang terindikasi terlantar dan BPN menjanjikan untuk memberikan 2 juta ha lahan untuk pertanian tetapi sampai saat ini belum teralisasi karena masalah Hak Huna Usaha (HGU).

"4 hari yang lalu saya telah bertemu dengan Kepala BPN untuk cari solusi bagaimana lahan-lahan ini bisa dimanfaatkan oleh petani sehingga kita bisa bersaing dengan petani dari Amerika sana yang insifikasi dan teknologinya cukup memadai," katanya.

Suswono menjelaskan bahwa saat ini lahan yang sudah clear baru 13.000 ha. Ia menambahkan jika lahan terus bertambah bukan tidak mungkin potensi bisa dilipatgandakan menjadi 2,7 ton/ha yang saat ini rata-rata nasional masih 1,5 ton/ha.

"Kita akan lakukan roadamap ulang apakah masih dimungkinkan 2 tahun kedepan bisa lahan pertanian diperluas, jika lahan tersedia, Insyallah saya masih yakin kedelai masih bisa ditingkatkan," tutupnya.


sumber : finance.detik.com/read/2012/07/27/125354/1976513/4/
               mentan-suswono-tagih-janji-bpn-terkait-penyediaan-lahan

Leave a Reply

silahkan diisi.. jika anda punya pendapat atau ide lain

 
Celoteh Fata © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here